Langsung ke konten utama

Banjir Dan Tanah Longsor Di Manado Sebabkan Ratusan Rumah Hancur

Senin, 30 Januari 2023

Komunalnews.com



Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) peduli dengan korban banjir serta tanah longsor yang terjadi di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), (27/1).

"Pasca banjir dan tanah longsor yang terjadi di Manado membuat warga yang terdampak banyak yang kehilangan bahkan alami kerusakan barang yang mereka miliki," ucap Ketua KNPI Kota Manado Natanael Pepah.

Natanael berkata timnya membagikan bantuan seperti kebutuhan pokok yang sangat diperlukan warga yang terdampak banjir Manado dikala ini.

”Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa empati kami dari generasi muda bagi warga terdampak bencana” ujarnya.

"Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban yang dialami warga Kota Manado yang sedang mengalami bencana,” sambungnya.

Dia menyatakan ikut berbelasungkawa atas korban jiwa pada bencana alam tersebut, serta menegaskan KNPI Kota Manado hendak menunjang serta terus bersama- sama menolong pemerintah Kota Manado menanggulangi akibat bencana alam ini.

Warga yang menerima dorongan dari KNPI ini merasa sangat terbantu, buat melanjutkan hidup sehabis nyaris seluruh kepunyaan mereka rusak akibat banjir.

“Puji Tuhan dan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh ketua KNPI Kota Manado, kami hanya bisa mendoakan agar terus diberikan kekuatan dan kesehatan sebagai generasi muda di Kota Manado," kata warga yang menerima bantuan.

Informasi BNPB mengatakan bencana banjir di Kota Manado yang terjadi pada Jumat (27/ 1) itu dilaporkan sudah merendam kurang lebih 400 rumah di 34 kelurahan serta 9 kecamatan. Banjir dengan tinggi berkisar antara 80 - 300 sentimeter itu sudah mengakibatkan 3.013 KK, 9.382 jiwa serta merenggut satu korban jiwa.

Sedangkan itu peristiwa tanah longsor sudah berakibat pada 63 KK serta dibagi di sebagian titik di 22 desa/ kelurahan serta 7 kecamatan. Petaka tersebut pula menelan 4 korban jiwa, satu cedera berat serta 2 yang lain cedera ringan. Rumah yang hancur terdapat sebanyak 53 unit tercantum 1 tempat ibadah.

Di samping itu, banjir serta longsor pula memforsir 1.021 jiwa mengungsi di sebagian titik. Ada pula pengungsian di Kecamatan Tikala sebanyak 209 jiwa, Kecamatan Paal 2 terdapat 261 jiwa, Kecamatan Tuminting terdapat 50 jiwa, Kecamatan Singkil sebanyak 460 jiwa serta Kecamatan Wanang terdapat 41 jiwa. 

Komunalnews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jusuf Kalla : Kebijakan Subsidi BBM Harus Dikurangi di Masa Mendatang

Komunalnews.com Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengomentari soal kebijakan subsidi BBM yang masih dilakukan pemerintah. Menurut dia, sebaiknya kebijakan itu tak dilanjutkan di masa mendatang. "Kalau dari sisi pemerintah dan tentu berpengaruh ke ekonomi nasional, pemerintah harus punya daya beli yang kuat. Karena itu, pemerintah seharusnya mengurangi dampak subsidi yang tidak perlu," kata dia dalam sesi Nation Hub, CNBC Indonesia, Kamis (18/5/2023). Ia melanjutkan bahwa subsidi memang tidak apa-apa diberikan ke masyarakat yang tidak mampu. Namun, jangan sampai dilakukan terus-menerus. Menurut JK, masyarakat sebenarnya mampu untuk membeli BBM tanpa subsidi. Ia menyinggung pengalamannya saat masih menjabat pada 2005 lalu. "Pengalaman saya waktu itu 2005 menaikkan BBM sampai 100% masyarakat menerimanya," ujarnya. JK juga mengomentari soal nilai ekspor yang naik, tetapi tidak dibarengi dengan cadangan devisa yang naik. Sementara itu, untuk kebijakan hilirisasi

Jokowi Memantapkan Posisi sebagai King Maker dalam Pilpres 2024

Komunalnews.com Manuver politik dengan gaya pembisik, sebenarnya menarik untuk ditilik. Pasalnya, manuver itu agak kurang mengena logika. Saat ini sudah ada tiga poros kekuatan politik yang siap terjun dalam Pilpres 2024. Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung Anies Baswedan, Koalisi Pendukung Ganjar Pranowo yang terdiri dari PDIP, dan PPP, serta KKIR yang mencapreskan Prabowo Subianto. Setelah PPP merapat ke kubu Ganjar, KIB tak lagi relevan. Partai Golkar kini sibuk kasak-kusuk mencari negosiasi yang paling menguntungkan. Sedangkan PAN, tak lagi jelas ke mana arah haluan. Jika peta capres sudah terkonfirmasi, pertanyaan tentang siapa yang mau mendengar bisikan Jokowi mencuat. Selain itu, ke mana sosok cawapres hasil musra akan dibisikkan juga jadi pertanyaan. Saat berpidato di depan para pendukungnya akhir pekan lalu, Jokowi tak lagi berbicara mengenai warna rambut, atau wajah yang berkerut. Dekat dengan rakyat, berani, dan paham bagaimana memajukan negeri, itulah rekomenda

Kisah Penemuan Cullinan, Berlian Terbesar di Dunia dari Tambang Afrika

 Komunalnews.com Pada 25 Januari 1905, di Tambang Premier di Pretoria, Afrika Selatan, berlian 3.106 karat ditemukan saat inspeksi rutin oleh pengawas tambang. Dengan berat 1,33 pon, berlian ini diberi nama "Cullinan". Ini disebut sebagai berlian terbesar yang pernah ditemukan. Frederick Wells, sang penemu, berada 18 kaki di bawah permukaan bumi ketika dia melihat kilatan cahaya di dinding tepat di atasnya. Dilansir History, penemuannya dipresentasikan pada sore yang sama kepada Sir Thomas Cullinan, yang memiliki tambang itu. Cullinan kemudian menjual berlian itu kepada pemerintah provinsi Transvaal, yang memberikan batu itu kepada Raja Inggris Edward VII sebagai hadiah ulang tahun. Khawatir berlian itu mungkin dicuri dalam perjalanan dari Afrika ke London, Edward mengatur untuk mengirim berlian palsu ke atas kapal uap yang penuh dengan detektif sebagai taktik pengalih perhatian. Sementara umpan perlahan-lahan berjalan dari Afrika dengan kapal, Cullinan dikirim ke Inggris dal