Langsung ke konten utama

Perkuat Sinergisitas Perekonomian Indonesia Di Tahun 2023

Komunalnews.com

Dikutip pada situs Badan Pusat Statistika (BPS). Perekonomian Indonesia telah mengalami pertumbuhan dan stabilitas dalam tiga tahun terakhir. Pada tahun 2018, ekonomi tumbuh sebesar 5,17%, menjadikannya salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia untuk tahun ini. Tahun berikutnya, ekonomi tumbuh sebesar 5,02%, meskipun tahun tersebut diwarnai oleh perlambatan ekonomi global akibat perang dagang AS-Tiongkok. Pertumbuhan PDB pada tahun 2020 sebesar 4,19%, meskipun turun pada kuartal kedua tahun 2020 akibat pandemi COVID-19.

Pengeluaran pemerintah telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dengan investasi pemerintah dalam program infrastruktur dan kesejahteraan sosial. Ini telah membantu meningkatkan konsumsi domestik, yang menyumbang lebih dari setengah PDB negara. Investasi di bidang infrastruktur juga berkontribusi terhadap peningkatan ekspor yang naik sebesar 6,6% di tahun 2019.

Rupiah Indonesia sebagian besar tetap stabil, dengan nilai tukar rata-rata Rp14.400 per Dolar pada tahun 2018 meningkat sedikit menjadi Rp14.900 per Dolar pada tahun 2020. Inflasi pada umumnya rendah sepanjang periode, rata-rata 3,8% pada tahun 2019. Singkatnya, perekonomian Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang kuat selama tiga tahun terakhir, didorong oleh belanja pemerintah, investasi infrastruktur, dan konsumsi domestik yang kuat. Rupiah tetap relatif stabil, dan inflasi tetap rendah.

Di penghujung awal tahun 2023, Indonesia dihantui beberapa problematika dalam sektor pembangunan ekonomi seperti, Kesenjangan masyarakat, yang di mana antara si kaya dan si miskin kemungkinan akan meningkat pada tahun 2023, karena pertumbuhan ekonomi melambat dan kesempatan kerja tetap langka bagi mereka yang tidak memiliki pendidikan atau akses ke modal, selanjutnya Pertumbuhan Penduduk yang Cepat, Menurut sensus tahun 2020, Indonesia diperkirakan akan menjadi negara terpadat keempat di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 272 juta pada tahun 2023. Kemudian Utang yang Tidak Berkelanjutan, Utang publik Indonesia mencapai hampir 30% dari PDB, dan meningkat dari tahun ke tahun, dan terakhir Infrastruktur dan Daya Produksi yang Buruk dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya yang menjadi salah satu faktor yang mendasari terhambatnya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

Lalu bagaimana dengan Indonesia, khususnya menghadapi persoalan tersebut dalam sinergisitasnya dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan?

Untuk membangun ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia dalam menyongsong tahun 2023 , penting untuk fokus pada tiga pilar utama yaitu, keberlanjutan ekonomi, keberlanjutan sosial dan lingkungan.

Keberlanjutan Ekonomi, Untuk mendorong kesinambungan ekonomi, Pemerintah Indonesia harus fokus pada beberapa bidang. Ini harus berusaha untuk mendiversifikasi ekonominya, menarik investasi asing langsung dan meningkatkan daya saing industri dalam negerinya. Secara khusus, pemerintah harus fokus pada perluasan dan modernisasi infrastruktur, meningkatkan akses kredit ke usaha kecil, mereformasi undang-undang ketenagakerjaan dan menciptakan lingkungan bisnis yang menguntungkan. Meningkatkan inklusi keuangan juga penting, karena saat ini hanya 27% orang dewasa yang memiliki rekening di lembaga keuangan formal.

Keberlanjutan Sosial, Untuk mencapai keberlanjutan sosial, pemerintah harus fokus pada peningkatan pendidikan, peningkatan akses ke layanan kesehatan berkualitas dan mempromosikan kesetaraan, inklusi, dan keragaman. Pemerintah juga harus memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi negara dibagi secara adil di antara semua sektor dan wilayah. Selain itu, pengentasan kemiskinan, penguatan sistem perlindungan sosial, dan mengatasi penyebab utama ketimpangan juga harus menjadi prioritas.

Ketahanan lingkungan, Penting bagi Indonesia untuk memastikan bahwa pembangunan dan pertumbuhan ekonominya ramah lingkungan dan tidak membahayakan sumber daya planet ini. Untuk mencapai hal ini, pemerintah harus berinvestasi lebih banyak pada sumber energi terbarukan dan mengurangi ketergantungannya pada bahan bakar fosil, serta meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya dan meningkatkan pengelolaan limbah. Selain itu, langkah-langkah seperti melestarikan keanekaragaman hayati, mengurangi polusi, dan mengatasi perubahan iklim sangat penting untuk memastikan kelestarian lingkungan.

Melalui peranan yang menjadi pilar menyeluruh terhadap faktor-faktor yang disebutkan di atas, setidaknya setiap daerah dapat mulai mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keadaan ekonomi mereka saat ini, strategi apa yang harus ditempuh untuk memperbaikinya, dan investasi yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang cakrawala 2023.

Komunalnews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jusuf Kalla : Kebijakan Subsidi BBM Harus Dikurangi di Masa Mendatang

Komunalnews.com Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengomentari soal kebijakan subsidi BBM yang masih dilakukan pemerintah. Menurut dia, sebaiknya kebijakan itu tak dilanjutkan di masa mendatang. "Kalau dari sisi pemerintah dan tentu berpengaruh ke ekonomi nasional, pemerintah harus punya daya beli yang kuat. Karena itu, pemerintah seharusnya mengurangi dampak subsidi yang tidak perlu," kata dia dalam sesi Nation Hub, CNBC Indonesia, Kamis (18/5/2023). Ia melanjutkan bahwa subsidi memang tidak apa-apa diberikan ke masyarakat yang tidak mampu. Namun, jangan sampai dilakukan terus-menerus. Menurut JK, masyarakat sebenarnya mampu untuk membeli BBM tanpa subsidi. Ia menyinggung pengalamannya saat masih menjabat pada 2005 lalu. "Pengalaman saya waktu itu 2005 menaikkan BBM sampai 100% masyarakat menerimanya," ujarnya. JK juga mengomentari soal nilai ekspor yang naik, tetapi tidak dibarengi dengan cadangan devisa yang naik. Sementara itu, untuk kebijakan hilirisasi

Jokowi Memantapkan Posisi sebagai King Maker dalam Pilpres 2024

Komunalnews.com Manuver politik dengan gaya pembisik, sebenarnya menarik untuk ditilik. Pasalnya, manuver itu agak kurang mengena logika. Saat ini sudah ada tiga poros kekuatan politik yang siap terjun dalam Pilpres 2024. Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung Anies Baswedan, Koalisi Pendukung Ganjar Pranowo yang terdiri dari PDIP, dan PPP, serta KKIR yang mencapreskan Prabowo Subianto. Setelah PPP merapat ke kubu Ganjar, KIB tak lagi relevan. Partai Golkar kini sibuk kasak-kusuk mencari negosiasi yang paling menguntungkan. Sedangkan PAN, tak lagi jelas ke mana arah haluan. Jika peta capres sudah terkonfirmasi, pertanyaan tentang siapa yang mau mendengar bisikan Jokowi mencuat. Selain itu, ke mana sosok cawapres hasil musra akan dibisikkan juga jadi pertanyaan. Saat berpidato di depan para pendukungnya akhir pekan lalu, Jokowi tak lagi berbicara mengenai warna rambut, atau wajah yang berkerut. Dekat dengan rakyat, berani, dan paham bagaimana memajukan negeri, itulah rekomenda

Kisah Penemuan Cullinan, Berlian Terbesar di Dunia dari Tambang Afrika

 Komunalnews.com Pada 25 Januari 1905, di Tambang Premier di Pretoria, Afrika Selatan, berlian 3.106 karat ditemukan saat inspeksi rutin oleh pengawas tambang. Dengan berat 1,33 pon, berlian ini diberi nama "Cullinan". Ini disebut sebagai berlian terbesar yang pernah ditemukan. Frederick Wells, sang penemu, berada 18 kaki di bawah permukaan bumi ketika dia melihat kilatan cahaya di dinding tepat di atasnya. Dilansir History, penemuannya dipresentasikan pada sore yang sama kepada Sir Thomas Cullinan, yang memiliki tambang itu. Cullinan kemudian menjual berlian itu kepada pemerintah provinsi Transvaal, yang memberikan batu itu kepada Raja Inggris Edward VII sebagai hadiah ulang tahun. Khawatir berlian itu mungkin dicuri dalam perjalanan dari Afrika ke London, Edward mengatur untuk mengirim berlian palsu ke atas kapal uap yang penuh dengan detektif sebagai taktik pengalih perhatian. Sementara umpan perlahan-lahan berjalan dari Afrika dengan kapal, Cullinan dikirim ke Inggris dal