Langsung ke konten utama

IKM Mampu Berdaya Saing Global Melalui Inovasi Dan Teknologi

Komunalnews.com

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menilai bahwa Kota Solo mempunyai peran strategis selaku kota industri kecil dan menengah (IKM) sekaligus kota jasa dalam 15 tahun terakhir dengan pertumbuhannya yang bisa mencapai 5,8%. Solo didukung dengan beberapa fasilitas di antaranya memiliki kawasan Solo Techno Park yang menjadi salah satu ikon untuk talenta-talenta kreatif.

"Solo Techno Park menjadi sumber untuk peningkatan SDM (sumber daya manusia) dan sumber kegiatan entrepreneurship yang ada di Solo dan sekitarnya," ucap Airlangga saat peresmian, Solo Techno Park, (6/2/23).  

Menurutnya, SDM tersebut diambil dari Solo serta sekitarnya. Ada juga keterlibatan dari pemerintah pusat dengan memberikan pelatihan dan memfasilitasi perawatannya.

Dalam peresmian itu, Airlangga didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka."Hari ini saya hadir mewakili Bapak Presiden (Joko Widodo) meresmikan Solo Techno Park. Revitalisasinya kerja sama dengan ekosistem digital. Saya lihat Shopee banyak menorehkan prestasi di sini," sambungnya.

Lebih lanjut dia berkata pemerintah memberikan apresiasi atas revitalisasi Solo Techno Park. Terutama kerja sama dengan Shopee, Bank Mandiri, SKK Migas dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.

"Diharapkan fasilitas ini bisa menciptakan startup-startup baru. Dan kami berharap Solo Techno Park bisa memperkuat kolaborasi lintas sektor dan multi-stakeholders. Ini merupakan solusi inovatif Solo Techno Park untuk memenuhi kebutuhan teknologi untuk semua," paparnya.

Gibran menambahkan, hadirnya fasilitas terbaru di Solo Techno Park dapat membawa Kota Solo semakin berdaya saing global melalui inovasi serta teknologi.

“Sebagai salah satu smart city di Indonesia, Solo siap mempersiapkan putra-putri daerah menuju era digital. Kami wujudkan melalui pendirian Solo Techno Park pada tahun 2014 yang saat ini telah berkembang menjadi Kawasan Sains dan Teknologi terpadu, serta pusat pengembangan inovasi se-Jawa Tengah," ucap Gibran.

Putra sulung Presiden Jokowi juga berharap, dengan adanya fasilitas terbaru di kawasan ini sanggup menghadapi tantangan di masa teknologi saat ini. Sehingga akan menstimulasi pemulihan ekonomi daerah."Harapannya juga bisa dimanfaatkan warga Solo untuk berkolaborasi dan menciptakan inovasi secara maksimal,” sambungnya.

Pemimpin BLUD Kawasan Sains serta Teknologi Solo Techno Park, Yudit Cahyantoro menjelaskan, Solo Techno Park yang didirikan pada tahun 2009 kini hadir dengan beberapa fasilitas publik baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat lokal. Fasilitas itu berbentuk lapangan futsal, lapangan basket, area komunal tercantum boulevard air mancur dan gedung baru sebagai area kerja sama yakni Gedung Gumarang dan Sembrani. Keduanya diharapkan menjadi tech-hub untuk melahirkan inovasi.

"Kami mendukung sekaligus berterima kasih kepada Pemerintah Kota Solo yang terus bersama-sama berupaya memajukan Solo Techno Park ini dengan menggandeng berbagai mitra mulai dari e-commerce, bank, dan tenant lainnya untuk berkolaborasi secara strategis dalam mengembangangkan kawasan terpadu ini," ucap Yudit.

Dalam kesempatan itu, dilakukan juga penyerahan fasilitas Gedung Sembrani, Gedung Gumarang, Boulevard Air Mancur, Lapangan Basket dan Lapangan Futsal dari Ye Gang, Co-Founder and Chief Operating Officer Sea, induk perusahaan Shopee dan Garena.

Komunalnews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jusuf Kalla : Kebijakan Subsidi BBM Harus Dikurangi di Masa Mendatang

Komunalnews.com Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengomentari soal kebijakan subsidi BBM yang masih dilakukan pemerintah. Menurut dia, sebaiknya kebijakan itu tak dilanjutkan di masa mendatang. "Kalau dari sisi pemerintah dan tentu berpengaruh ke ekonomi nasional, pemerintah harus punya daya beli yang kuat. Karena itu, pemerintah seharusnya mengurangi dampak subsidi yang tidak perlu," kata dia dalam sesi Nation Hub, CNBC Indonesia, Kamis (18/5/2023). Ia melanjutkan bahwa subsidi memang tidak apa-apa diberikan ke masyarakat yang tidak mampu. Namun, jangan sampai dilakukan terus-menerus. Menurut JK, masyarakat sebenarnya mampu untuk membeli BBM tanpa subsidi. Ia menyinggung pengalamannya saat masih menjabat pada 2005 lalu. "Pengalaman saya waktu itu 2005 menaikkan BBM sampai 100% masyarakat menerimanya," ujarnya. JK juga mengomentari soal nilai ekspor yang naik, tetapi tidak dibarengi dengan cadangan devisa yang naik. Sementara itu, untuk kebijakan hilirisasi

Jokowi Memantapkan Posisi sebagai King Maker dalam Pilpres 2024

Komunalnews.com Manuver politik dengan gaya pembisik, sebenarnya menarik untuk ditilik. Pasalnya, manuver itu agak kurang mengena logika. Saat ini sudah ada tiga poros kekuatan politik yang siap terjun dalam Pilpres 2024. Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung Anies Baswedan, Koalisi Pendukung Ganjar Pranowo yang terdiri dari PDIP, dan PPP, serta KKIR yang mencapreskan Prabowo Subianto. Setelah PPP merapat ke kubu Ganjar, KIB tak lagi relevan. Partai Golkar kini sibuk kasak-kusuk mencari negosiasi yang paling menguntungkan. Sedangkan PAN, tak lagi jelas ke mana arah haluan. Jika peta capres sudah terkonfirmasi, pertanyaan tentang siapa yang mau mendengar bisikan Jokowi mencuat. Selain itu, ke mana sosok cawapres hasil musra akan dibisikkan juga jadi pertanyaan. Saat berpidato di depan para pendukungnya akhir pekan lalu, Jokowi tak lagi berbicara mengenai warna rambut, atau wajah yang berkerut. Dekat dengan rakyat, berani, dan paham bagaimana memajukan negeri, itulah rekomenda

Kisah Penemuan Cullinan, Berlian Terbesar di Dunia dari Tambang Afrika

 Komunalnews.com Pada 25 Januari 1905, di Tambang Premier di Pretoria, Afrika Selatan, berlian 3.106 karat ditemukan saat inspeksi rutin oleh pengawas tambang. Dengan berat 1,33 pon, berlian ini diberi nama "Cullinan". Ini disebut sebagai berlian terbesar yang pernah ditemukan. Frederick Wells, sang penemu, berada 18 kaki di bawah permukaan bumi ketika dia melihat kilatan cahaya di dinding tepat di atasnya. Dilansir History, penemuannya dipresentasikan pada sore yang sama kepada Sir Thomas Cullinan, yang memiliki tambang itu. Cullinan kemudian menjual berlian itu kepada pemerintah provinsi Transvaal, yang memberikan batu itu kepada Raja Inggris Edward VII sebagai hadiah ulang tahun. Khawatir berlian itu mungkin dicuri dalam perjalanan dari Afrika ke London, Edward mengatur untuk mengirim berlian palsu ke atas kapal uap yang penuh dengan detektif sebagai taktik pengalih perhatian. Sementara umpan perlahan-lahan berjalan dari Afrika dengan kapal, Cullinan dikirim ke Inggris dal